Siapa saat ini yang tidak tahu game Angry Birds? Hampir semua pengguna
smartphone dan tablet pernah memainkan game yang ringan tapi bikin candu
ini. Menurut data Angry Birds sudah diunduh sebanyak 250 juta kali, ini
belum termasuk pernak-pernik yang terjual.
Sama seperti
pengembang game lainnya, Rovio Mobile menciptakan Angry Birds penuh
dengan perjuangan hingga mencapai kesuksesan seperti sekarang. Tak
banyak orang tahu memang bahwa Angry Birds bukan game pertama komersial
yang diciptakan studio game tersebut.
Berikut sejarah Rovio dan Angry Birds yang diperoleh dari berbagai sumber :
Sejarah Rovio
Dahulu Rovio didirikan pada tahun 2003, namun saat itu namanya adalah
Relude. Baru setelah 2 tahun berdiri, mereka mengubah namanya menjadi
Rovio, seperti yang dikenal saat ini. Rovio dibangun oleh tiga mahasiswa
yaitu, Kim Dikert, Niked Hed, dan Jarno Vakevainen.
Sebelum
menjadi perusahaan besar, Rovio yang dibangun oleh tiga mahasiswa ini
sudah mengikuti banyak kompetisi game, salah satunya yang disponsori
oleh Nokia dan HP. Titik terang kesuksesannya muncul saat game mereka
yang bernama 'King of The Cabbage World" menjadi juara kategori real
time multiplyer game.
Keberhasilan game 'King of The Cabbage
World' ini memicu mereka untuk mulai serius menggarap dan membangun
perusahaan yang berfokus pada game mobile, yang saat itu diberi nama
Relude.
Salah satu kebutuhan penting perusahaan adalah dana. Ini
merupakan prasyarat dan kehidupan dari setiap bisnis untuk
menjalankannya. Begitu juga hal yang dihadapi oleh Rovio saat itu, demi
mendapatkan dana segara, trio itu menjual game 'King of The Cabbage
World' kepada perusahaan Sumea (nama saat ini Digital Chocolate).
Kemudian diubah menjadi Mole War yang kemudian ternyata menjadi
permainan pertama multiplayer real-time mobile yang dikomersialkan.
Setelah mendaptkan dana tersebut, Pada awal 2005, perusahaan ini memodifikasi nama perusahaan menjadi Rovio Mobile.
Sejarah Angry Birds
Pengembangan Angry Birds dimulai pada Maret 2009. Setelah penciptaan
sukses dari tim pengembangan Rovio, mereka merilis game tersebut pada
bulan Desember 2009 dan selanjutnya adalah sejarah. Angry Birds menjadi
adalah aplikasi permainan di Finlandia nomor satu. Lalu game 'Burung
Marah' ini melanjutkan ekspansinya ke Amerika Serikat (AS) dan Inggris
diman Apple adalah kunci untuk membuat semuanya terjadi.
Rovio
saat itu sedang mencari sebuah permainan sederhana yang bisa mereka bawa
ke platform layar sentuh yang juga akan kompatibel dengan platform game
lainnya. Mereka ingin mengikuti kebijaksanaan lama: "Game ini harus
mudah dimainkan, tapi sulit untuk dikuasai" dan itu adalah apa yang
mereka buat.
Menguasai itu bukanlah tugas yang mudah meskipun;
mencetak 3 bintang di setiap tingkatan, menemukan semua telur emas,
memukul struktur tepat . Angry Birds pun cepat berubah dari gane
"sederhana dan mudah" menjadi game sangat menantang dan kadang-kadang
bahkan membuat frustasi!.
Sampai sekarang, Angry Birds terus itu
melakukan invasi platform. Saat ini Angry Birds telah hadir di 11
platform dan berencana untuk memasuki Facebook. Rovio juga ingin menjadi
merek ikonik hiburan seperti Disney dan telah mengambil tindakan untuk
mempromosikan Angry Birds di Asia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar