Selasa, 19 Februari 2013

belum wisuda ituu sesuatu

Ingin sedikit berbagi kisah, tentang diri yang tak seberapa ini (asiik bahasanya..) tentang kuliah yang sekarang tak kunjung selesai.
Kalau untuk ukuran mahasiswa di fakultas saya, belum tamat sampai sekarang itu adalah "wajar" karena saya kuliah di Fakultas Teknik yang mayoritas laki-laki dan biasanya hobinya berkutat sama angka-angka yang banyak. Yah begitulah, belum wisuda di semester 9 itu hal yang amat biasa apalagi untuk jurusan saya yang notabene paling cepat hengkang dr jurusan itu yah semester 9, karena selain ada Program Pengalaman Lapangan (PPL) di fakultas saya biasanya lebih spesial karena ada Program Kerja Lapangan Industri (PKLI). Kenapa spesial? yah karena hanya ada di fakultas saya yaitu TEKNIK. Sesuatuh ga?
Yah biasanya mahasiswa di fakultas teknik khususnya jurusan Pendidikan Teknik Bangunan (PTB) dimana tempat saya kuliah banyak terganjal di PKLI, karena biasanya semakin lama kuliah semakin malas ke kampus dan semakin malas mengerjakan ini itu. Selain PPL dan PKLI di semester 7 biasanya di semester 8 dibagi Sub Jurusan yang biasa kami sebut dengan "konsentrasi" bayangkan di semester 8 yang harusnya mahasiswa di fakultas lain udah bisa nyantai mikirin skripsi, saya dan teman-teman yang lain di PTB masih harus mikirin ngerjain PKLI dan kuliah 12 SKS hanya untuk kuliah "konsentrasi" belum lagi ditambah mata kuliah yang ketinggalan atau ga lulus. Maklum aja di kampus saya tercinta yaitu Universitas Negeri Medan (UNIMED) ga ada yang namanya Semester Pendek, jadi kalau ga lulus mata kuliah yang satu yah harus lah ngulah di 1 tahun ke depan. Yah lumayan buat ribet kalau hanya untuk dipikirin tapi ga dikerjain. hehehe

        Balik lagi ke masalah wisuda, walau terbilang saya masih normal  karena baru semester 9 belum wisuda tapi tetap aja buat saya rada galau. Gimana ga? Kebetulan saya aktif di salah satu organisasi intera kampus yang bergerak di bidang Kerohanian Islam, namanya Unit Kegiatan Mahasiswa Islam Ar-Rahman atau biasa disebut UKMI Ar-Rahman. Namanya aja organiasasi, kita yang ada disitu pasti terdiri dari latar belakang yang berbeda,fakultas yang berbeda, angkatan yang berbeda, tapi tetap satu akidah dan sama-sama Mahasiswa. :D
Biasanya, teman-teman dari fakultas yang lain itu lebih cepat kelarnya untuk masalah kuliah-kuliah di kampus karena ga ada yang namanya PKLI sama kuliah "Konsentrasi" jadi siap PPL bisa langung fokus sama si skripsweet. Yah inilah penyebab utama kegalauan saya, teman-teman seangkatan di UKMI biasanya udah duluan kelar masalah perkampusan. Bayangin aja nih yah teman-teman saya yang di fakultas lain udah ngomongin judul skripsi atau dosen pendamping skripsi (PS) saya masih PPL nun jauh di kota orang, teman-teman saya udah ngomongin seminar proposal eh saya masih bolak balik Medan-Tebing Tinggi-Medan untuk PKLI dan sampai sekarang laporan PKLI saya juga belum rampung, dan bayangin aja yang paling miris, teman-teman saya udah selesai sidang meja hijau dan udah ngomongi jahit-menjahit kebaya, saya masih (baru) nemu judul skripsi yang belum tentu juga diterima sama ketua prodi saya, karena belum saya ajuin. Gimana ga miris coba??
Hmmpphh.. sejujurnya miris, karena jujur-jujur aja nih di semester 9 ini saya masih ada 5 mata kuliah yang jumlahnya 12 SKS lagi, laporan PKLI yang belum tersusun (dan niatnya saya mau ngulang PKLI saya), juga judul skripsi yang baru saya buat malam ini, dan saya masih belum tau siapa dosen PS saya, dan sangat berharap dosen PS saya itu orang yang baik hati,rajin menabung,suka berolahraga,dan rajin sholat. hahah *ga nyambung* 
        Well, gimanapun sulitnya dan beratnya atau lebaynya apa yang saya buat di blog saya yang tercinta ini saya masih bersyukur karena berarti saya masih diberi kesempatan sama Allah untuk lebih lama merasakan jadi mahasiswa (jadi berasa lebih lama mudanya ^_^ ) saya juga yakin mungkin memang Allah udah nentuin kalau semester 9 bukan waktu yang tepat buat saya wisuda, tapi saya masih optimis kok untuk wisuda di bulan April 2013 nanti. Saya tau itu berat tapi saya pasti bisa InsyaAllah, kalau usaha saya lebih cepat satu langkah, atau mungkin dua langkah atau tiga langkah aja deh, eh jangan sepuluh langkah aja deh dari teman-teman saya dan doa yang ga pernah putus dan selalu tawakal kepadaNya insyaAllah semua akan terwujud.
Yah mungkin wisuda nanti akan menjadi hadiah yang walaupun ga indah-indah banget, paling ga bisa menjadi "sesuatuh" yang buat kakak, abang saya juga kakak ipar dan dua ponakan serta satu calon ponakan (karena masih dalam perut maminya) bahagia karena akhirnya adik + ammanya yang bandel dan keras kepala ini wisuda juga. InsyaAllah..
Juga kedua orang tua saya yang sudah mendahului ke Rahmatullah (mama dan papa) walau ga sempat melihat ketiga anaknya wisuda paling ga ilmu yang saya dapat bisa jadi suatu amalan buat orang tua saya InsyaAllah. Aamiin..

        Mungkin segini aja deh kisah-kisah kegalauan saya sekarang, InsyaAllah kalau ada kegalauan lainnya akan segera di share. Terimakasih sudah mau melihat keluh kesah saya. Jazakumullah Khair (^__^)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar