Selasa, 08 Januari 2013

sejarah benda antik

Guci Antik
Benda yang merupakan salah satu pusaka peninggalan kampung ini diperkirakan telah berusia ratusan tahun. Benda ini dipercaya sebagai salah satu tempat bersemayamnya roh penga kampung lokas setempat, sehingga didpercaya memiliki kekuatan gaib.






Seperangkat Peralatan Musik Daerah
Seperangkat alat musik daerah ini diperkirakan sudah berusia ratusan tahun. alat musik ini dipercaya masih menyimpan kekuatan gaib sehingga sampai dengan sekarang masih dipergunakan untuk mengiringi acara-acara adat berskala besar.






Guci dan Gong untuk Duduk
Guci dan gong ini adalah seperangkat peralatan yang dipergunakan sebagai pelengkap acara adat penyambutan tamu terhormat. Biasanya ketika ada tamu kehormatan datang, maka tamu kehormatan tersebut akan didudukkan diatas gong besar tersebut dan dikanan dan kirinya diapit oleh guci besar.





Lumbung Padi / Jurung
Rumah Betang berukuran kecil ini dipergunakan sebagai tempat penyimpanan hasil panen padi (makanan pokok suku dayak tomun). Rumah penyimpanan Beras (Lumbung Padi) ini memiliki desain yang unik dan memiliki umur yang cukup tua tetapi masih kokoh.






Makam Adat
Kepercayaan Adat Dayak Tomun (Kaharingan) yang mempercayai bahwa orang hidup akan mati dan roh orang yang telah mati akan berada disekitar orang yang hidup, membuat pentingnya arti makam adat bagi alur kehidupan sehari-hari masyarakat dayak tomun. Makam ini dibuat seperti Menhir (mayat hanya dimasukkan dalam rongga kotak dan ditutup dengan cor, tidak ditimbun tanah).





Pusaka Desa Kubung
Pusaka Desa Kubung berupa Keris ini tidak bisa dicabut dari sarungnya kecuali oleh orang tertentu (pemangku adat) dan hanya dalam kondisi tertentu. Masyarakat desa kubung percaya bahwa pusaka ini hanya akan mau keluar dari sarungnya hanya jika meminta korban darah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar